Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
Katam
wbs
cybex
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini192
mod_vvisit_counterKemarin629
mod_vvisit_counterMinggu ini2057
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir3741
mod_vvisit_counterBulan ini9651
mod_vvisit_counterBulan Terakhir14073
mod_vvisit_counterSemua hari749931

Online (20 menit yang lalu): 15
IP Anda: 54.81.244.248
,
Hari ini: 18 Jul, 2018
Nanas Apau Kayan - Malinau PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dadang RR   
Rabu, 11 Juli 2018 05:30

“Nanas Apau Kayan” dari Desa Long Ampung-Kayan Selatan  di Kabupaten Malinau ini memiliki rasa yang manis sehingga menjadi salah satu buah lokal andalan masyarakat dayak Apau Kayan di Desa Long Ampung.  Salah satu ciri dari buah nanas ini adalah memiliki rasa yang manis dan pada umumnya  dikonsumsi dalam bentuk segar. Karakteristik umum tanaman nanas ini adalah memiliki tinggi tanaman dapat mencapai satu meter dan daun yang tidak berduri. Kulit buahnya  tidak banyak duri yang tajam serta dengan daging buah yang berwarna agak putih.

Tanaman nanas ini sejak lama telah dikembangkan penduduk desa Long Ampung yang  terletak di dataran tinggi sekitar 700 meter di atas permukaan laut.  Desa Long Ampung merupakan desa di wilayah perbatasan Kecamatan Kayan Selatan - Kabupaten Malinau. Karakteristik lahan di wilayah ini pada umumnya adalah bergelombang, dan sebagian besar berbukit hingga terjal.  Nama “Apau Kayan” artinya Tanah Dataran Tinggi Kayan, karena memang Desa Long Ampung salah satu desa di wilayahnya ini terletak di dataran tinggi dengan suasana sejuk pegunungan. Penduduk asli Desa Long Ampung merupakan suku “Dayak Kenyah” yang merupakan salah rumpun suku dayak dengan populasinya cukup besar yang ada di Kabupaten Malinau. Kehidupan penduduk adalah sebagai petani dan pengumpul hasil hutan.

“Nanas Apau Kayan”  di desa Long Ampung ini dapat menjadi salah satu komoditas andalan yang memiliki ciri khas, untuk itu diperlukan dukungan teknologi dan pasar agar dapat meningkatkan nilai jual dan  selanjutnya meningkatkan pendapatan masyarakat wilayah perbatasan, di desa Long Ampung - Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com