Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
wbs
cybex
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini478
mod_vvisit_counterKemarin561
mod_vvisit_counterMinggu ini1039
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir3692
mod_vvisit_counterBulan ini11077
mod_vvisit_counterBulan Terakhir17447
mod_vvisit_counterSemua hari768804

Online (20 menit yang lalu): 9
IP Anda: 54.224.220.72
,
Hari ini: 20 Agus, 2018
Geliat LTT KALTARA, Maksimalkan Peran Penyuluh di Lapangan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tarbiyatul   
Minggu, 10 Juni 2018 15:42

Libur panjang Ramadhan kali ini tak mengurangi semangat beraktifitas Penyuluh Pertanian di lapangan (PPL). Hal ini terlihat dari kekompakan PPL di Kecamatan Mentarang Kab. Malinau untuk hadir memenuhi undangan Kepala BPTP Kaltim (Dr. Muh. Amin) selaku PJ Upsus Prov. Kaltara terkait sosialisasi besaran target Luas Tambah Tanam (LTT)  yang ditetapkan Dirjen TP untuk bulan Juni (9/6/18).

Sebelumnya pada Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi (7/6/18) di Auditorium Dinas Pertanian Kab. Bulungan, Prov. Kaltara memiliki target LTT 14.920 Ha. Walaupun Kab. Malinau diberi target tidak sebesar seperti Kab. Bulungan dan Kab. Nunukan namun wilayah Malinau memiliki potensi untuk merealisasikan LTT melebihi target (2.558 Ha). Pasalnya ketersediaan curah hujan sepanjang tahun itulah yang menjadi nilai lebihnya, untuk itu wilayah ini di prediksi akan mengalami peningkatan Indeks Pertanaman (IP) menjadi 200 bahkan 300 dalam setahun untuk padi sawah dan IP 200 untuk padi gogo dengab 1 kali tanam VUB (padi umur genjah) di periode april-september dan padi lokal (umur 5-6 bulan) di periode oktober-maret.

Meskipun hal ini mungkin tidaklah mudah, mengingat mindset masyarakat menanam diluar waktu "kebiasaan" tidak akan menghasilkan karena serangan burung yang bisa membuat gagal panen. Akan tetapi Muh. Amin tetap optimis bahwa IP di lahan kering khususnya padi ladang pada masyarakat lokal bisa ditingkatkan, salah satunya dengan metode tanam serentak.

Moment kali ini juga dimanfaatkan oleh Kepala BPTP Kaltim bersama Kepala BPP Kec. Mentarang dan PPL untuk mengunjungi kegiatan Kelompok Tani (Poktan) Buduk Pinangan serta didampingi oleh ketua Poktan (Bpk. Paris Lakung) di Desa Pulau Sapi. Dati kunjungan ke lahan persawahan seluas 166 ha terungkap fakta bahwa kegiatan penanaman padi didaerah tersebut tiada henti dengan pendampingan dari PPL setempat terlihat aktifitas petani yang panen, dilain petakan petani yang mulai mempersiapkan lahan dengan memotong batang padi menggunakan mesin rumput, bahkan ada yang baru menanam dan sebagian tanaman padi sudah menguning menunggu panen.

Fakta ini cukup mengejutkan karena ternyata moment Ramadhan tidak menyurutkan langkah kaki para petani dan PPL untuk terus menjamin ketersediaan beras bagi masyarakat umum.

Dan semoga usaha para pejuang pangan ini memang membuahkan hasil yang optimal

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com