Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
pustaka
Suplemen Sinta
Katam
cybex

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini272
mod_vvisit_counterKemarin749
mod_vvisit_counterMinggu ini4325
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4852
mod_vvisit_counterBulan ini14099
mod_vvisit_counterBulan Terakhir20712
mod_vvisit_counterSemua hari701361

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 54.162.105.6
,
Hari ini: 21 Apr, 2018
"Belajar Menulis Berita Online Bersama Kaltim Pos" PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sumarmiyati   
Jumat, 13 April 2018 21:09

Untuk meningkatkan kapasitas peneliti dan penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim dalam menulis berita secara oline menjadi bahasan menarik dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP Kaltim, Jumat (13 April 2018) di Auditorium BPTP Kaltim.

Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menulis berita, agar peneliti dan penyuluh semakin terampil dalam memberitakan kegiatan yang ada di BPTP Kaltim. Teknis penulisan berita,dibahas secara tuntas di acara ini.

Abdul Aziz dan Dirman Rumbia, wartawan Kaltim Pos dalam bimtek penulisan berita on line

Acara ini diikuti oleh peneliti, penyuluh dan teknisi litkayasa BPTP Kaltim. Hadir sebagai narasumber Abdul Aziz dan Dirman Rumbia, wartawan Kaltim Pos.

Dalam sambutannya kepala BPTP Kaltim Dr.Muh.Amin, menyampaikan acara ini sangat penting diikuti oleh peneliti dan penyuluh dalam rangka mendiseminasi hasil penelitian dan pengkajian yang sudah dilaksanakan.

Berkaitan dengan teknis penulisan berita Aziz menyampaikan, yang paling penting berita harus  aktual, terkini, seimbang, tidak memihak dan menarik tentunya. Unsur-unsur berita 5W+1H, harus ada dalam setiap berita agar informasi yang disampaikan lengkap, imbuhnya. Selain hal tersebut untuk menulis berita diperlukan kesungguhan berlatih secara kontinyu agar terampil.

Tak kalah penting agar berita lebih informatif ditambahkan gambar/foto kejadian saat berita diliput tegas Dirman. Teknik pengambilan gambar melaui fotografi  bisa dipelajari dan dipraktekan untuk mendapatkan gambar yang menarik dan berkualitas.

Diakhir sesi pelatihan dilakukan bedah berita untuk mengkoreksi suatu berita apakah sudah sesuai dengan kaidah- kaidah penulisan berita.

Semoga pelatihan ini memberi inspirasi kepada peneliti dan penyuluh untuk lebih proaktif dalam memanfaatkan media sosial untuk penyebaran informasi pertanian.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com