Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini592
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4533
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18533
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033325

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Tertib administrasi, salah 1 ciri poktan kuat dan mandiri PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rina D   
Selasa, 20 Maret 2018 14:15

Pembukuan administrasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu kelompok tani. Salah satu ciri kelompok tani yang kuat dan mandiri adalah adanya pencatatan administrasi yang rapi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan kelompok haruslah diadministrasikan dengan baik. Melalui pembukuan administrasi yang bagus, maka akan menunjang jalannya organisasi, mendorong kelompok menjadi transparan dan jelas. Maksud dari transparan adalah semua pihak yang terkait dengan kelompok baik itu dinas maupun anggota beserta masyarakat pada umumnya dapat melihat kondisi nyata kelompok dalam perkembangannya, mulai berdiri sampai kondisi saat ini.

Buku administrasi yang minimal harus ada pada kelompok tani, antara lain:

  1. 1. Buku daftar pengurus dan anggota, Buku ini berisi catatan tentang data-data anggota, meliputi nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, kepemilikan lahan dan komoditas yang diusahakan, serta tanggal mulai masuk menjadi anggota kelompok tani.
  2. Buku notulen rapat, Apabila kelompok tani mengadakan rapat, buku ini digunakan untuk mencatat segala keputusan maupun saran yang disampaikan dalam rapat. Buku notulen sangat penting, selain sebagai catatan pengingat akan hasil-hasil rapat, juga sebagai bukti akan keputusan yang telah disepakati bersama.
  3. Buku daftar hadir, Buku ini sebagai daftar absensi mengenai keikutsertaan anggota dalam rapat. Melalui buku ini dapat diketahui anggota yang aktif dan yang tidak aktif.
  4. Buku rencana kegiatan, Buku ini memuat rencana kegiatan kelompok tani.  Perencanaan bisa dilakukan tiap awal musim tanam atau tiap awal tahun sesuai kebijakan kelompok.
  5. Buku kegiatan, Buku ini memuat kegiatan yang telah dilaksanakan, tata cara pelaksanaannya dan hasil evaluasinya.
  6. Buku tamu, Buku ini berguna untuk mencatat apabila ada tamu berkunjung ke kelompok tani. Dalam buku tersebut, tamu dapat menuliskan pesan atau kesan yang diperoleh selama kunjungan.
  7. Buku keuangan, Buku ini digunakan untuk mencatat kondisi keuangan dan cash flow kelompok tani, termasuk pencatatan simpan pinjam jika ada.

 

Gb.1. Contoh Kartu Tanda Anggota                                               Gb.2. Pengisian Daftar Hadir Pertemuan

 

Adanya pencatatan administasi yang rapi dan terinci akan memberikan banyak manfaat, terutama bagi pengurus dan anggota kelompok tani itu sendiri, serta bagi pihak lain yang berkepentingan. Selain mendorong transparansi seperti yang diuaraikan pada paragraf 1, masih ada beberapa manfaat yang bisa dipetik diantaranya:

  1. Memudahkan dalam mencari data bila sewaktu-waktu dibutuhkan
  2. Memudahkan dalam mengenali kondisi sosial ekonomi dan potensi sumber daya yang dimiliki anggota
  3. Memudahkan dalam menyusun rencana kegiatan berdasar potensi dan kondisi yang ada
  4. Memudahkan dalam transfer informasi bila terjadi pergantian pengurus kelompok tani
  5. Menambah tingkat kepercayaan anggota kelompok tani terhadap kepengurusan kelompok.
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com