Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini397
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2022
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14813
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054250

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Kota Bangun akan Menjadi Pemasok Bawang Merah PDF Cetak E-mail
Oleh Yossita Fiana/Sundari   
Jumat, 22 Desember 2017 11:56

“Matahari bersinar terang siang itu, membuat semua tamu undangan bercucuran keringat  tapi tidak menyurutkan semangat untuk melaksanakan panen bawang merah di Kota Bangun”.

Alhamdulillah, Display bawang merah varietas Bima Brebes, Pikatan dan Katumi. Varietas  yang dipanen adalah bawang merah varietas Bima Brebes yang ditanam bulan Oktober 2017 hari ini bisa panen ujar ibu Yossita Fiana selaku penanggung Jawab kegiatan Hortikultura di Balai Pengkajian Kalimantan Timur (BPTP). Panen dilaksanakan dikelompok tani Makmur Sejahtera Desa Liang Ilir, Kec. Kota Bangun Kab. Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2017)

Panen bawang merah di dikelompok tani Makmur Sejahtera Desa Liang Ilir, Kec. Kota Bangun

Bawang merah varietas Bima Brebes yang ditanam dilahan display BPTP berasal dari Kelas benih yang  bermutu Breeder Seed (BS) yang berasal dari Balai Pertanian Tanaman Sayuran (BALITSA) Lembang. Kita ketahui bawang merah varietas Bima brebes ini lumayan rentan terhadap penyakit busuk daun atau yang disebut juga dengan phytoptora porri, namun bawang merah Bima Brebes kelas benih BS  asal Balitsa ini cukup mampu betahan terhadap penyakit busuk umbi yang dikenal dengan batrys alli dan bisa dipanen sekitar 60 hari. Bawang merah varietas Bima ini paling bagus ditanam mulai musim kemarau. Selain itu bawang Bima ini sangat cocok dibudidayakan dan dikembangkan didataran rendah.

Petani Kooperator Sukijan mengatakan bawang merah Desa Liang Ilir Kota bangun Kab. Kukar Kalimantan Timur yang ditanam dengan luasan 1.000.m2 dapat tumbh dengan baik dan mampu berproduksi hingga 14.6 ton per hektar. Pupuk yang digunakan yaitu sekam, pupuk kandang dan kimia TSP dan NPK.

Petani bawang merah lainnya mengatakan keberhasilan tanaman bawang merah sangat tergantung pada cara merawat tanaman tersebut. Rasa terimakasih yang tak terhingga kepada Balai Pengkajian Kalimantan Timur (BPTP) yang sudah memberikan ilmu kepada kami dari mulai perlakuan benih sampai dengan penanaman sehingga bisa panen hari ini. Kami berharap  kegiatan ini berlanjut terus,, BPTP tetap mengawali dan mendampingi kami.

Kalimantan Timur di tahun 2017 masih kekurangan 7.000 ton bawang merah, dengan melihat hasil panen hari ini yang cukup signifikan di Kota Bangun, kedepannya Kota bangun bisa menjadi pemasok bawang merah di Kukar dan menjadi sentra/cluster pengembangan untuk mencukupi kebutuhan Bawang merah di Propinsi Kalimantan Timur” Ujar Dr. M. Hidayanto peneliti BPTP Kalimantan Timur

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com