Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini449
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2260
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12704
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110461

Online (20 menit yang lalu): 24
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
BPTP Sukses Tingkatkan Produktivitas Padi Sawah PDF Cetak E-mail
Oleh Tim Redaksi   
Kamis, 21 Desember 2017 16:15

BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian di daerah sukses mendesiminasikan inovasi teknologi Kementerian Pertanian di sektor budidaya padi sawah. Salah satu wilayah yang telah sukses menerapkan inovasi teknologi tersebut yaitu para petani Desa Sebulu Modern, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Modernisasi Pertanian dengan Mekanisasi

Dengan menggunakan sistem tanam jarwo, petani Desa Sebulu Modern varietas padi sawah mekongga memiliki produktivitas sebesar 8,64 ton/ha GKG. Panen raya varietas yang ditanam dilahan seluas 43ha ini dilakukan menggunakan combine harvester pada 20 Desember 2017. Combine Harvester merupakan mesin panen hasil inovasi teknologi Kementerian Pertanian yang dirancang untuk memanen padi secara cepat dalam hamparan yang luas serta dapat menekan kehilangan hasil saat panen.

Pada akhirnya kesuksesan BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur ini diharapkan tidak hanya bisa dirasakan oleh petani di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Ada banyak wilayah laiinya di Kalimantan Timur yang akan membuktikan bahwa penggunaan teknologi budidaya yang tepat akan meningkatkan produktivitas hasil tanaman padi. Jika produktivitas tanaman meningkat, maka kesejahteraan masyarakat pertanian bukanlah hal yang sulit untuk dicapai.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com