Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini397
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2022
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14813
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054250

Online (20 menit yang lalu): 19
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Tikus Di Lahan Persawahan di Kutim PDF Cetak E-mail
Oleh Ekayujaya   
Senin, 09 Oktober 2017 06:22

Sangatta - Sebagian besar petani sawah di lahan persawahan Kabupaten Kutai Timur mengalami penurunan hasil produksi padi di dua musim tanam padi terakhir. Menurunnya, hasil produksi tersebut disebabkan karena hama tikus, bahkan dimusim tanam sekarang, hama tikus tetap menjadi momok menakutkan bagi petani terutama di wilayah Kecamatan Teluk Pandan dan Kecamatan Sanggatta Selatan.

Hal itu disampaikan petani setempat, ketika ditemui oleh Peneliti Budidaya BPTP Kalimantan Timur (Yossita Fiana, SP., M.Si), di lahan persawahan wilayah Kecamatan Teluk Pandan dan Kecamatan Sanggatta Selatan. Akibat dari serangan tersebut rata-rata 30% luasan lahan sawah mereka diserang oleh hama tikus, hal inilah yang menyebabkan terjadinya penurunan jumlah produksi yang cukup signifikan.

Serangan hama tikus memang bukanlah hal yang baru bagi petani padi sawah, tapi saat ini, di mana semua harga yang harus dibayar untuk pemenuhan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, maka para petani hanya bisa pasrah saat upaya mengendalikan serangan hama tikus secara tradisional dan manual tidak terlalu memberikan dampak pada hilangnya tikus di wilayah persawahan meraka.

Untuk itu para petani, khususnya di Kecamatan Teluk Pandan dan Kecamatan Sanggatta Selatan sangat mengharapkan adanya bantuan pemerintah dalam menanggulangi serangan hama tikus. Paling tidak dengan adanya bantuan pemerintah kerugian ekonomis yang diakibatkan oleh serangan hama tikus bisa sedikit ditekan, ujar A. Syahrani (45th) salah seorang petani yang memiliki lahan sawah di Kecamatan Teluk Pandan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com