Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini455
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2266
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12710
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110467

Online (20 menit yang lalu): 21
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
Mahasiswa UNTAG Samarinda Kunjungi Taman Agroinovasi PDF Cetak E-mail
Oleh Sumarmiyati   
Sabtu, 30 September 2017 08:08

Taman Agroinovasi menjadi salah satu tujuan kunjungan mahasiswa UNTAG (Universitas Tujuh Belas Agustus) Samarinda, Kamis 28 September 2017. Sebanyak 50 Mahasiswa dengan didampingi Dr. Puji Astuti selaku Ketua Prodi Agroteknologi Faperta UNTAG Samarinda dan dosen Dr. Akas Pinaringan Sujalu, M.Si mengunjungi Taman Agroinovasi BPTP Balitbangtan Kaltim. Kunjungan ini merupakan bagian pembelajaran bagi mahasiswa untuk memperkenalkan inovasi teknologi pertanian. Rombongan di sambut dengan baik oleh KSPP BPTP Kaltim (Margaretha, M.Sc), Ketua Kelji Budidaya (Yossita Fiana, M.Si), peneliti, laboran dan teknisi BPTP Balitbangtan Kaltim.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk belajar terkait inovasi pertanian khususnya pemanfaatan lahan pekarangan melalui inovasi seperti yang ada di Taman Agroinovasi. Taman Agro Inovasi menampilkan beragam teknologi pertanian seperti beragam varietas sayuran dan tanaman obat, terutama teknologi pertanian perkotaan yang sangat cocok untuk daerah perkotaan seperti teknologi vertikultur, dan hidroponik.

Para mahasiswa sangat antusias untuk melihat dan belajar langsung terkait budidaya dan pemanfaatan lahan pekarangan terutama budidaya sayuran dengan model hidroponik. Budidaya tanpa menggunakan tanah ini sangat menarik para mahasiswa terutama karena modelnya yang simpel, mudah diterapkan, mudah dalam perawatan, dan panen dalam bentuk segar dan bersih.

Dalam kunjungan ini juga dikenalkan upaya ketersediaan benih dan bibit untuk mendukung Taman Agroinovasi melalui kegiatan pembibitan terutama sayuran cabai. Mahasiswa dikenalkan mengenai teknik pembibitan tanaman cabai mulai dari persemaian dengan menggunakan lontong plastik sampai dengan penanaman menggunakan polibag. Selain teknis budidaya sayuran para mahasiswa juga dikenalkan dengan teknologi pengolahan hasil pertanian salah satunya pembuatan tepung mocaf dengan bahan baku ubi kayu. Tidak kalah menarik para mahasiswa juga belajar alat-alat mekanisasi pertanian hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian seperti Jarwo Transplanter dan Mini Combine Harvester.


Kunjungan singkat ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para mahasiswa terkait inovasi teknologi pertanian yang sudah dihasilkan Badan Litbang Pertanian. Acara diakhiri dengan ramah-tamah dan diakhir sesi kunjungan ketua rombongan Dr. Pudji Astuti menyampaikan terimakasih atas sambutan dan pembelajaran yang sudah disampaikan oleh para peneliti BPTP Balitbangtan Kaltim. Salam Agro Inovasi....!!!

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com