Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini448
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2259
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12703
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110460

Online (20 menit yang lalu): 24
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
BPTP Kaltim Bina KWT, Sulap Singkong Menjadi Bernilai Ekonomis PDF Cetak E-mail
Oleh Fitri F   
Rabu, 13 September 2017 15:04

Singkong merupakan satu diantara komoditas bahan makanan pokok. Singkong dapat digunakan untuk mengganti bahan pangan beras guna mendukung program diversifikasi pangan. Upaya percepatan diversifikasi pangan dilakukan dengan pengolahan singkong menjadi bahan pangan bernilai ekonomis. Salah satu cara mempercepat dan mendorong tumbuhnya industri berbasis bahan baku singkong adalah dengan cara menumbuhkembangkan kelompok wanita tani (KWT) di pedesaan dalam mengolah produk olahan singkong.

Senin (11/09/2017), Tim Peneliti dan penyuluhdari BPTP Balitbangtan Kaltim melakukan kunjungan ke KWT ‘Sejahtera’, desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara sebagai salah satu KWT Binaan BPTP Balitbangtan Kaltim. Kelompok KWT Sejahtera yang diketuai oleh Ibu Wantiyah merasa senang mendapat kunjungan dan pembinaan dari Tim BPTP Balitbangtan Kaltim.

Dalam kesempatan ini, BPTP Balitbangtan Kaltim memberikan arahan terkait cara pengolahan singkong, mulai dari pemilihan bahan utama (singkong), teknik pengolahan, sampai pengemasan produk. Sampai saat ini, KWT Sejahtera sudah memproduksi olahan singkong yang berupa rengginang singkong, dendeng daun singkong, stick mocaf, keripik, dan olahan lainnya. Dengan mengolah singkong menjadi produk olahan maka dapat menambah nilai ekonomis produk tersebut.

Produk yang telah dihasilkan oleh KWT Sejahtera saat ini belum memiliki SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). SPP-IRT sangat dibutuhkan bagi Industri makanan Skala Rumah Tangga guna melindungi masyarakat dari produk pangan olahan yang dapat membahayakan kesehatan konsumen. Oleh karena itu, untuk kedepannya BPTP Balitbangtan akan segera mendampingi KWT Sejahtera untuk dapat segera memiliki SPP-IRT sehingga produk yang dipasarkan dapat memenuhi standar jaminan mutu kesehatan.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com