Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini448
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2259
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12703
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110460

Online (20 menit yang lalu): 24
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
Sosialisasi dan Bimtek Pendampingan UPSUS SIWAB di Kutai Timur PDF Cetak E-mail
Oleh Sundari   
Jumat, 04 Agustus 2017 07:29

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalimantan Timur melaksanakan Bimtek pendampingan pelaksanaan Upsus Siwab di Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur dalam rangka UPSUS SIWAB Tahun 2017. BPTP  mendapatkan tanggung jawab sebagai supervisor/pendamping di 3 wilayah Kabupaten Kutim, Kukar, Kubar Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan Pendampingan UPSUS SIWAB dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Juli 2017  di Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur  di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan dan Swadaya (P4S) di Gapoktan Cahaya Purnama, Kelompok Tani Cahaya Baru Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kasie Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur, Peneliti/Penyuluh BPTP Balitbangtan Kaltim, Kepala Poskeswan Kecamatan Bengalon,  beserta perwakilan dari masing – masing kelompok ternak yang ada di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur.


Bimtek pendampingan teknologi adalah kegiatan utama BPTP Balitbangtan Kaltim untuk mensupport UPSUS SIWAB. Kegiatan pendampingan merupakan bentuk kerjasama saling mendukung antara Dinas yang membidangi fungsi peternakan di Provinsi, kabupaten/kota dengan UPT dikecamatan.

Pertemuan Bimtek dibuka oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Kurniawan). Dalam sambutannya Kurniawan mengatakan, ternak sangat memerlukan pakan yang mengandung gizi, protein dan mineral. Apabila kebutuhan gizi, protein dan mineral terpenenuhi, hewan ternak akan menjadi meningkatnya reproduksi, anak ternak yang lahir menjadi lebih sehat, menurunnya angka kematian ternak, menghindarkan mudah patah tulang ternak dan penyakit diare, kulit ternak menjadi tidak kering dan bersisik, meningkatkan napsu makan, menghindarkan dari keguguran dan kemandulan ternak.

Penguatan pakan melalui penanaman hijauan pakan berkualitas dengan intensifikasi maupun ekstensifikasi agar dapat memenuhi kebutuhan ternak. Keterbatasan dan ketersediaan pakan dapat diupayakan dengan integrasi ternak dengan tanaman pangan/perkebunan seperti bungkil sawit yang ada diwilayah sekitarnya.

Pertemuan Bimtek diawali dengan sosialisasi tentang UPSUS SIWAB kepada peternak  dilanjutkan dengan praktek lapang yang dipimpin langsung oleh peneliti/penyuluh BPTP Balitbangtan Kaltim. Bimbingan Teknologi yang diberikan antara lain pembuatan pakan fermentasi (silase), garam blok, jamu ternak, susu formula pengganti bagi pedet (CMR/Calf Milk Replacement) dan Bungkil Mineral Blok. Diharapkan, kegiatan Bimtek dapat mempercepat tercapainya target UPSUS SIWAB 2017.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com