Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
upg
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini172
mod_vvisit_counterKemarin989
mod_vvisit_counterMinggu ini1161
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6407
mod_vvisit_counterBulan ini19329
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1058766

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 34.204.194.190
,
Hari ini: 22 Sep, 2019
Soft Launching TTP, “Menuju Bioindustri di Kawasan Eks Tambang” PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Jumat, 23 Desember 2016 09:47

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang menindaklanjuti agenda prioritas pembangunan pemerintahan Jokowi yang dikenal dengan Nawa Cita dengan membangun Taman Teknologi Pertanian (TTP) salah satunya di Kalimantan Timur tepatnya di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara.

TTP merupakan suatu wahana implementasi inovasi teknologi aplikatif spesifik lokasi dari hulu kehilir dengan melibatkan stakeholder terkait. Dilahan seluas 3 Ha TTP akan dikembangkan menjadi kawasan bioindustri yang melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat dengan memadukan kegiatan kelitbangan, wisata pertanian dan inkubasi teknologi.

“Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak bagi pengembangan ekonomi kerakyatan yang berorientasi agribisnis spesifik lokasi serta dapat menjadi model yang dapat direplikasi di Kawasan lain” ujar Kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) pada pembukaan Soft Launching TTP, Rabu (21/12).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa lokasi TTP sangat spesifik yaitu lahan bekas tambang, sehingga dalam mengolah lahan mulai dari pra produksi, hingga pasca panen menggunakan teknologi dan inovasi yang berbeda dengan lokasi lainnya. Rencananya di lokasi ini akan dikembangkan 3 komoditas utama yaitu Padi, Jagung dan singkong.

“Pemerintahan Kab. Kutai Kartanegara memberikan apresiasi yang tinggi dengan penempatan lokasi TTP karena Kabupaten ini terpilih dari seluruh lokasi yang ada di Wilayah Kalimantan Timur. Kegiatan ini tidak hanya mampu mengembalikan tingkat kesuburan tanah pasca tambang tetapi juga dapat menjadi tempat pelatihan bagi masyarakat juga mahasiswa” ujar Sekretaris Daerah Kab. Kutai Kartanegara (Ir. H.Marli M.Si) yang mewakili Bupati Kutai Kartanegara dalam sambutannya

Sekretaris Daerah Kab. Kutai Kartanegara (Ir. H.Marli M.Si)

Pembangunan TTP ini sejalan dengan misi ke 4 dari kebijakan strategis “Gerbang Raja Jilid II” dalam mewujudkan sektor pertanian sebagai penyedia bahan baku bagi kegiatan industri berbasis perdesaan dan pariwisata untuk mendukung perekonomian daerah, ungkap Marli.

Hadir dalam Soft Launching tersebut Kepala BBSDLP Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, SPKPD Prov Kaltim dan Kab. Kukar, Kapolres Kukar, Kodim 09/06 Tenggarong, Unsur Muspika Kab. Kukar, Mahasiswa serta kelompok tani yang berada di sekitar tenggarong seberang.

Pada kesempatan tersebut Sekda beserta rombongan dan undangan juga melakukan penanaman bibit buah – buahan, tabur ikan serta mengunjungi pameran hasil olahan dari ibu – ibu Kelompok Wanita Tani (KWT).

Dokumentasi :

Penanaman bibit mangga di lokasi TTPKepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP), memberi penjelasan terkait produk produk yang dihasilkan oleh BPTP KaltimKepala BBSDLP Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyampaikan sambutan terkait pembangunan TTP oleh Kementerian Pertanian

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com