Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini398
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2023
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14814
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054251

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Dukung Ketahanan Pangan melalui Eks Tambang PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Senin, 16 Mei 2016 15:42

Samarinda (7/5/2016), BPTP Prov. Kalimantan Timur kembali mengudara di RRI Pro 1 Samarinda pada acara Kiprah Desa yang disiarkan ke seluruh Indonesia (berjaringan  Nasional). Acara yang berdurasi selama 1 jam tersebut diisi oleh 3 Provinsi yakni Yogyakarta, Samarinda dan Biak.

Topik Nasional yang diangkat adalah “Ketahanan Pangan”, sedangkan BPTP Kaltim mengusung tema  pemanfaatan lahan eks tambang batu bara untuk pertanian mendukung Ketahanan Pangan.  Kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir.M.Hidayanto, MP) menjadi narasumber tunggal untuk RRI Samarinda pada acara tersebut.

“Lahan eks tambang yang selama ini tidak dilirik sama sekali untuk digunakan sebagai lahan pertanian, ternyata dengan perlakuan khusus telah terbukti sangat potensial”, jelas Hidayanto. Hal yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam mengolah lahan eks tambang ialah dengan memulihkan/ meningkatkan kadar hara.

Desa  Embalut yang terletak di Kutai Kartanegara merupakan binaan BPTP Kaltim yang terbukti sukses dalam mengolah lahan eks tambang menjadi lahan pertanian. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat karena memerlukan tahapan – tahapan untuk memulihkan kondisi tanah.

Banyak petani, perusahan tambang di wilayah Kaltim dan provinsi lain serta mahasiswa dari dalam dan luar negeri telah mengunjungi Desa Embalut untuk menggali ilmu tentang pengolahan lahan eks tambang.  Selain itu dijelaskan juga bahwa di lokasi Kutai Kartanegara akan dibangun Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang dijadikan sebagai tempat pelatihan, edukasi serta magang untuk melatih petani yang handal sehingga dapat diaplikasikan didaerah lahan eks tambang yang lain.

Antusias dari masyarakat terlihat dari 6 (enam) penanya melalui jalur telephone, yang sangat penasaran mengenai lahan eks tambang.  Pertanyaan mulai dari tahapan, jenis tanaman yang dapat tumbuh, luas lahan yang dibutuhkan, teknologi yang digunakan serta saran – saran.

“Peningkatan ketahanan pangan tidak hanya melalui lahan produktf tetapi lahan kering, lahan rawa serta lahan eks tambang dapat digunakan/ dikembangkan dengan menggunakan inovasi teknologi spesifik lokasi “ ujar Hidayanto diakhir acara.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com