Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini397
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2022
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14813
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054250

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Kok tanam sayur tidak pakai tanah om..? PDF Cetak E-mail
Oleh Bagus   
Rabu, 11 November 2015 07:00

Pertanyaan yang menjadi judul artikel diatas muncul dari anak-anak murid SD Darul Falah 2 Samarinda dalam kunjungan mereka ke BPTP Kaltim khususnya di Taman Agroinovasi pada hari Senin, 2 Nopember 2015. Kunjungan SD Darul Falah 2 kelas V dan VI yang didampingi oleh Bpk. Adi berjumlah kurang lebih 30 anak, tujuan utama kunjungan mereka adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengenalan teknologi dan inovasi di bidang pertanian sedini mungkin kepada para murid.

Kunjungan singkat tersebut diterima dan didampingi oleh Chary Septyadi sekaligus memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para siswa. Mereka begitu antusias mengikuti kegiatan ini dan mereka diajak panen sayuran secara langsung di lahan Taman Agroinovasi.

 

Panen sawi di lahan Taman Agroinovasi BPTP Kaltim

Dari beberapa spot tanaman yang ada di Taman Agroinovasi, yang paling menarik perhatian meraka adalah teknologi budidaya sayuran dengan cara hidroponik. Mereka begitu tertarik karena dibenak mereka selama ini menanam itu pasti pakai media tanah, tapi dengan hidroponik bisa dilakukan tanpa media tanah. “kok tanam sayur tidak pakai tanah om..?” tanya mereka hampir serempak kepada Chary Septyadi selaku pelaksana Taman Agroinovasi.

Diakhir kunjungan, mereka tampak begitu ceria dan penasaran terhadap apa yang baru mereka lihat dan muncul permintaan yang khas anak-anak, “ pak, nanti disekolahan kita buat kayak gitu ya…” rengek mereka kepada Guru Pendampingnya. Semoga dari kunjungan mereka yang masih kecil ini ada satu atau lebih yang mau terjun dan menggeluti dunia pertanian kedepannya, sehingga negara yang katanya negara agraris dan gemah ripah loh jinawi ini mampu menghidupi rakyatnya dari tanahnya sendiri…amin.

Foto bersama Ka. BPTP Kaltim (Dr. M. Hidayanto, MP)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com