Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini648
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4398
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17720
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085275

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
Koordinasi, tidak sesederhana huruf huruf penyusunnya PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Senin, 05 Oktober 2015 07:00

Kalimat di atas bukan merupakan rekayasa. Kenyataan memanglah begitu adanya. Untuk memudahkan koordinasi tersebut maka dilaksanakanlah temu lapang yang diadakan di lokasi peternakan sapi potong milik poktan Sumber Rejeki di desa Manunggal jaya kecamatan rantau Pulung kabupaten Kutai Timur tertanggal 2 Oktober 2015. Temu lapang kali ini merupakan  kegiatan dari BPTP Kalimantan Timur yaitu Model Bioindustri Sapi Sawit dan Pendampingan Kawasan Peternakan yang berlokasi di desa sama dengan poktan Sumber Mulya. Kegiatan Pendampingan Kawasan Peternakan mengintroduksikan penggunaan bungkil inti sawit dan mineral blok sebagai pakan tambahan di musim kemarau  serta introduksi centrosema pubescens yang akan ditanam pada musim hujan untuk penyediaan pakan yang berkelanjutan.  Sementara Kegiatan model bioindustri  selain menggunakan bungkil inti sawit sebagailimbah pabrik sawit yang dapat digunakan sebagai pakan ternak juga, menghasilkan produksi kompos dari limbah ternak yang merupakan siklus timbal balik untuk sawit itu sendiri.

Temu lapang  kali ini menghadirkan narasumber dari Dinas Peternakan Provinsi kaltim yang diwakili Ir Martatik sebagai kasie perbibitan dari, Drh Usman sebagai kabid P2HP Dinas Pertanian kabupaten Kutai Timur serta Purwo Edi dari Dinas Perkebunan Kutai Timur. Peserta temu lapang selain dihadiri oleh anggota poktan juga dihadiri oleh PPL, Penyuluh, Kepala Desa, Camat  serta tenaga teknis lapangan. Dalam sambutannya, kepala BPTP Kaltim Dr M Hidayanto mengemukakan bahwa temu lapang ini merupakan wadah silaturahmi supaya koordinasi antar instansi tidak trputus. Pada kesempatan diskusi  muncul pertanyaan tentang pemasaran produk yang dihasilkan poktan seperti kompos, biourine. Dinas Peternakan Kutai Timur mnyampaikan bahwa pihak Dinas dapat membantu memfasilitasi pemasaran produk produk tersebut  dengan menghubungkan dengan pihak swasta seperti KPC.  Siip lah .....!!

Temu Lapang di lokasi Kandang Komunal poktan Sumber Rejeki

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com