Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Suplemen Sinta
pustaka
wbs
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini508
mod_vvisit_counterKemarin970
mod_vvisit_counterMinggu ini3977
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini16768
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1056205

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 35.175.191.150
,
Hari ini: 19 Sep, 2019
Dukung Profesionalisme Balitbangtan dengan Laboratorium yang Terakreditasi PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Selasa, 15 September 2015 08:25

Kualitas mutu suatu produk membutuhkan dokumen yang menerangkan bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan. Agar diakui dokumen tersebut harus dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang terakreditasi. Di sinilah keberadaan laboratorim penguji terakreditasi menjadi semakin penting peranannya, karena laboratorium tersebutlah yang memiliki “core competency” untuk validitas hasil uji atas mutu suatu produk berdasarkan uji yang dilakukannya.

Akreditasi laboratorium BPTP Kaltim akan berakhir pada Juni 2016, sehingga perlu diadakan perpanjangan akreditasi laboratorium penguji. Sebagai penunjang hal tersebut BPTP Kaltim mengadakan pelatihan dokumentasi sistem manajemen mutu SNI ISO/IEC 17025: 2008 untuk menyempurnakan dokumen sistem manajemen di Laboratorium sehingga pelayanan prima dapat ditingkatkan.

ISO/IEC 17025 : 2005 merupakan perpaduan antara persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh laboratorium penguji. Komisi Akreditasi Nasional (KAN) adalah lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan akreditasi terhadap laboratorium dan badan sertifikasi.

Pelatihan dokumentasi sistem manajemen diharapkan dapat menghasilkan dokumen sistem manajemen yang dijadikan sebagai acuan dalam pengelolaan laboratorium agar sesuai dengan ISO/IEC 17025 : 2005. Sehingga pada saat reakreditasi sistem manejemen di Lab BPTP Kaltim sudah berjalan dengan baik.

Ka. BPTP Kaltim mengharapkan pelatihan ini dapat menunjang kelancaran proses perpanjangan akreditasi. “Dengan terakreditasi kembali Laboratorium Pengujian BPTP Kaltim membuat kepercayaan dari pelanggan terhadap lembaga yakni Lab. BPTP Kaltim semakin meningkat, guna mewujudkan penguatan sistem inovasi nasional menuju Litbang yang profesional” ujar Ka. BPTP Kaltim pada saat penutupan pelatihan. Acara diakhiri dengan melakukan foto bersama.

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com