Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini390
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2015
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14806
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054243

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Dukungan KATAM Dalam Peningkatan Produksi Tanaman Pangan PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Jumat, 28 November 2014 06:55

Penurunan kualitas dan kuantitas produksi pertanian serta terjadinya serangan OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) merupakan tantangan dunia pertanian yang semakin beragam. Oleh sebab itu pertanian harus terus berinovasi guna meningkatkan Produksi Pertanian, salah satunya melalui Teknologi Kalender Tanam (KATAM) Terpadu. Untuk memperkenakan metode ini maka BPTP Kaltim menyelenggarakan Sosialisasi KATAM Terpadu dengan tema “Peran Kalender Tanam dalam Mendukung Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara”.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Auditorium BPTP Kaltim pada Rabu, 26 November 2014 dihadiri oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Balai Penyuluhan Pertanian, BMKG dan Penyuluh Pertanian yang ada di Kaltim dan kaltara. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala BPTP Kaltim Dr. Ir. M. Hidayanto MP. Dalam kesempatan beliau disampaikan bahwa informasi teknologi Katam Terpadu harus dapat dimanfaatkan dalam rangka mendukung pengembangan pertanian di kabupaten, kota dan kecamatan untuk mewujudkan swasembada pangan. Dijelaskan pula bahwa perubahan iklim yang menyebabkan kebanjiran dan kekeringan menyebabkan ketidakmenentuan perencanaan pola tanam yang dilakukan oleh petani. Oleh karena itu diperlukan strategi dan upaya adaptasi kegiatan  pertanian seperti pemanfaatan teknologi spesifik lokasi yang toleran terhadap perubahan iklim, penyesuaian waktu dan pola tanam, penggunaan varietas yang mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim dan pengolahan air secara efisien.

Saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah meluncurkan sistem informasi KATAM TERPADU yang merupakan pedoman atau alat bantu bagi petani dan masyarakat yang membutuhkan informasi terkait waktu tanam, pola tanam, rekomendasi varietas, rekomendasi pupuk dan informasi yang lainnya. “ Informasi KATAM dapat diakses melalui alamat web www.katam.litbang.pertanian.go.id; sms center 08-123-565-1111 atau 082- 123456-500; dan atau melalui aplikasi Android.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kalimantan Timur (Ir. Fuad Asaddin, M.Si), Kepala Stasiun Meteorologi Temindung Samarinda (Sutrisno) sekaligus sosialisasi Katam oleh Sumarmiyati. Setelah pemaparan materi dan sosialisasi, dibuka sesi diskusi yang melibatkan seluruh peserta.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com