Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Suplemen Sinta
Katam
pustaka
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini579
mod_vvisit_counterKemarin944
mod_vvisit_counterMinggu ini4595
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini11494
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1143049

Online (20 menit yang lalu): 24
IP Anda: 3.234.214.113
,
Hari ini: 12 Des, 2019
PAKAN, Elemen Krusial untuk Pengembangan Sapi dan Kerbau PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Kamis, 13 November 2014 15:17

Pakan ternak jika dilihat sekilas merupakan hal yang mudah dalam sektor peternakan, hal ini dikarenakan, dalam pemenuhannya petani hanya tinggal mencarikan rumput yang tumbuh subur di setiap jengkal tanah di Nusantara ini. Akan tetapi pada kenyataannya ternak itu tidak cukup hanya mengkonsumsi rumput apalagi rumput liar yang memiliki nutrisi renda,  ternak tidak hanya butuh sumber serat tetapi juga sumber protein. Untuk itu, hanya pakan yang mempunyai nutrisi yang bagus sanggup untuk memperbaiki reproduksi ternak yang buruk. Terbukti dari reproduksi yang buruk akibat kurang pakan pada sapi Brahman yang didatangkan ke Kaltim, kinerja reproduksi meningkat sekitar 70%  setelah diperlakukan dengan pakan lokal berkualiatas selama setahun. Hal tersebut disampaikan oleh Drh. Arief Murdiyanto pada Temu Lapang Pendampingan PSDSK  11 November 2014 di BPP Sepaku, Kabupaten PPU.


Acara Temu Lapang dihadiri oleh Kabid Peternakan Kabupaten PPU, Kepala BPP Sepaku, Wakil Camat, Peneliti, PPL dan ketua kelompok tani dan petani di kecamatan Sepaku. Temu lapang dibuka langsung oleh Kepala BPTP Kaltim, Dr. M Hidayanto yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP Kaltim tidak hanya melakukan pendampingan di peternakan tetapi juga melakukan pendampingan di komoditas lain antara lain padi, jagung, kedelai di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sedangkan teknologi yang diperkenalkan oleh BPTP Kaltim di Sepaku pada tahun ini adalah flushing pada kerbau dan pemanfaatan jerami sebagai pakan kerbau. Dimana teknologi flushing ini mampu menekan kematian anak kerbau sampai 100%, sedangkan jerami amoniasi mampu menjadi pakan alternatif di musim kemarau yang panjang. Dan hal ini pastinya akan bermanfaat bagi kemajuan sektor peternakan dimasa yang akan datang.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com