Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini648
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4398
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17720
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085275

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
KATAM, Acuan tanam tepat waktu atasi kekurangan air PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Rabu, 24 September 2014 06:37

Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (M-P3MI) adalah salah satu program strategis Badan Litbang Pertanian yang dilaksanakan oleh BPTP Kaltim. Salah satu desa yang dipilih dalam melaksanakan kegiatan MP3MI adalah Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. BPTP Kaltim mengadakan acara temu lapang kegiatan M-P3MI pada rabu 17 Septermber 2014 yang dibuka oleh Kepala Balai BPTP Kaltim dan dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser, Sekretaris Camat Tanah Grogot, Kepala Desa Padang Pangrapat, Bappeda Kabupaten Paser, BPP Tanah Grogot dan anggota kelompok tani yang ada di desa Padang Pangrapat.

Pada temu lapang terjadi dialog antara petani yang haus akan pengetahuan untuk peningkatan hasil produksi pertaniannya. Kepala BPTP Kaltim (Dr. M. Hidayanto, MP) mengatakan hasil produksi dapat ditingkatkan selain dengan menggunakan varietas unggul baru (VUB) juga melalui pola tanam legowo yaitu 2 : 1. Hal ini dikuatkan juga oleh pendapat Ketua Kelompok Tani Dahlia bahwa produksi padi pada musim tanam ini terjadi peningkatan sekitar 1 ton dengan menggunakan pola tanam legowo 2 :1, dengan varietas yang ditanam Ciherang, Mekongga dan Cibogo.

Permasalahan kekurangan air yang dikeluhkan petani dapat diatasi dengan melakukan waktu tanam sesuai dengan Kalender Tanam (KATAM) sehingga dapat ditentukan waktu yang tepat untuk menanam.

Pada kesempatan ini dilakukan juga launching produk beras kemasan dengan keunggulan bebas pengawet dan pemutih kimia selain itu juga dilakukan penyerahan bibit pepaya jenis kalina untuk menambah pepaya jenis Merah Delima yang telah ditanam sebelumnya. Diharapakan informasi yang diterima oleh petani dapat diaplikasikan untuk peningkatan hasil produksi dan pendapatan petani.


 
Joomla Templates by JoomlaVision.com