Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini453
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2264
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12708
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110465

Online (20 menit yang lalu): 21
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
Walikota Balikpapan Bersama BPTP Kaltim Launching LKM-A "Karya Harapan Bersama" PDF Cetak E-mail
Oleh tim redaksi   
Senin, 01 September 2014 16:06

Walikota Balikpapan (HM. Rizal Effendi, SE)Selama tahun 2008-2014, Gapoktan penerima dana BLM PUAP dari Kementerian Pertanian di Kaltim dan Kaltara mencapai lebih 697 Gapoktan. Dalam operasionalnya, BPTP Kaltim bertindak sebagai sekretariat PUAP di dua provinsi ini. Gapoktan penerima PUAP mendapat dana masing-masing sebesar 100 juta rupiah, dan distribusi pemanfaatannya  sesuai dengan RUB yang telah disusun. Sampai saat ini di Kaltim dan Kaltara, pemanfaatannya adalah untuk kegiatan di on farm (budidaya) dan kegiatan off farm (non budidaya). Untuk pemanfaatan di kegiatan budidaya, untuk tanaman pangan sebesar 33,07%; hortikultura 13,28%; peternakan 17,22% dan perkebunan 15,81%.

Di Kota Balikpapan, pada tahun 2010 jumlah Gapoktan penerima dana BLM-PUAP ada dua, dan tahun 2012 sebanyak 3 gapoktan. LKMA penerima PUAP di kota ini merupakan contoh Gapoktan yang berhasil mengelola dana PUAP tersebut. LKMA KARYA HARAPAN MANDIRI di Kelurahan Teritip ini merupakan contoh yang ke-dua di Kota Balikpapan dan juga di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Selamat dan perlu dicontoh oleh Gapoktan lainnya.

Walikota Balikpapan (HM. Rizal Effendi, SE) bersama Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan (Ir.H.Chaidar Chairulsyah) dan Kepala BPTP Kaltim (Dr Ir M. Hidayanto)  meresmikan/launching LKMA Karya Harapan Bersama tersebut pada tanggal 23 Agustus 2014 lalu. Suatu kebanggaan tersendiri buat seluruh anggota gapoktan dan kota Balikpapan, karena di kawasan tersebut sekarang telah berdiri LKM-A yang pelayanannya tidak kalah dengan bank – bank modern saat ini (pengelolaannya dilakukan seperti di lembaga perbankan). Sampai 22 Agustus 2014, LKM-A dengan modal awal 120 juta, dalam tempo belum mencapai 4 bulan sekarang sudah mencapai 400,9 jutaan rupiah.

Kepala BPTP Kaltim pada acara tersebut menyampaikan bahwa terbentuknya LKM-A ini perlu dicontoh, pada saatnya nanti jika ada gapoktan lain yang akan belajar dan membuat lembaga yang sama akan direkomendasikan belajar di Kota Balikpapan, karena Balikpapan sebagai pioner terbentuknya LKMA di Kaltim dan berhasil dengan baik. Apa yang disampaikan oleh Kepala BPTP Kaltim tersebut, mendapat apresiasi dari Walikota Balikpapan, dan Bapak Walikota berharap BPTP terus mendampingi kegiatan pengembangan pertanian di Balikpapan, dan diharapkan ada inovasi-inovasi lain yang terkait dengan potensi pertanian di Kota Balikpapan. Selamat LKM-A Karya Mandiri bersama, selamat kota Balikpapan, sukses petani Indonesia.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com