Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini395
mod_vvisit_counterKemarin831
mod_vvisit_counterMinggu ini2020
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini14811
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1054248

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 18.207.252.123
,
Hari ini: 17 Sep, 2019
Teknologi Pengolahan Biji jarak Menjadi Minyak Jarak Skala Kecil PDF Cetak E-mail
Oleh admin   
Kamis, 14 Agustus 2014 06:49

Upaya mencari bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi terus dilakukan. Salah satu alternatif  itu adalah dengan memanfaatkan minyak nabati. Banyak sumber bahan bakar minyak nabati, misalnya kelapa sawit, biji bunga matahari, biji kapuk, kelapa dan biji jarak. Yang sedang gencar dikembangkan di Indonesia adalah pembuatan minyak nabati bersumber biji jarak pagar (Jatropha curcas). Hal ini karena tanaman jarak dapat tumbuh dengan kondisi  minim pemupukan dan ditanam di lahan marginal.

Bagian terpenting dari teknologi  pengolahan minyak nabati adalah ekstraksi minyak dari biji. Balai Besar Mekanisasi Pertanian mengembangkan paket unit pengolahan minyak jarak yang terdiri atas alsin pengupas buah jarak, alsin pengepres buah jarak  (modifikasi mesin pengepres kacang tanah produksi China) dan alsin filtrasi. Unit alsin ini digerekkan oleh mesin diesel 10,5 HP sebanyak 1 unit yang dapat bekerja untuk menggerakkan alsin pengupas buah jarak dan screw press secara bergantian. Pada usaha skala tani, unit alsin ini  dapat menghasilkan minyak jarak dengan kapasitas olah biji 0,5 ton/hari.

Sumber : 300 teknologi inovatif litbang pertanian 2012

Kontak : Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com