Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini651
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4401
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17723
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085278

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
Bank Kaltim Siap Dukung Pengembangan Agribisnis Perdesaan (PUAP) dengan Kredit Pangan Sejahtera PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Senin, 20 Mei 2013 14:29

Samarinda – Pertemuan Tim Pembina Pengembangan Usaha Argibisnis Perdesaan (PUAP) Kalimantan Timur dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2013. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Program  Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang telah dilaksanakan di Kalimantan Timur sejak tahun 2008.

Acara yang dilaksanakan di Dinas Pertanian Pertanian Tanaman Pangan Kaltim ini dihadiri oleh Tim Pusat Kementerian Pertanian (Ditjen PSP), Kepala Balai BPTP Kalimantan Timur, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kalimantan Timur, Dinas Peternakan, Disperindagkop Kaltim, Bank Kaltim, Bank BRI, Bappeda Kaltim, UPTD PSBTPH, dan sejumlah undangan.

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Timur (Ir. H. Ibrahim, MP) tersebut, materi pertama dibawakan oleh Kepala Balai BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto). Kepala BPTP menyampaikan bahwa PUAP merupakan bagian dari program nasional untuk pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM-Mandiri), merupakan program pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesempatan kerja. Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan PUAP di Kalimantan Timur ada yang berhasil dan ada yang kurang berhasil, sehingga ke depan diperlukan koordinasi dan sinergi antar dinas dan intansi terkait baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten untuk keberhasilan program tersebut. PUAP di Kaltim dilaksanakan sejak tahun 2008, dan  sampai tahun 2013 telah disalurkan dana PUAP di Kaltim kepada 686 Gapoktan, dan masing-masing Gapoktan menerima bantuan 100 juta rupiah.

Materi kedua dibawakan oleh Tim dari pusat Direktorat Pembiayaan, Ditjen PSP yang menjelaskan pelaksanaan PUAP sampai tahun 2013, baik di Indonesia maupun di Kalimantan Timur. Rapat koordinasi ini menghasilkan usulan bahwa sebaiknya gapoktan yang bermasalah dalam pelaksanaan PUAP harus diberi sanksi, dan yang berhasil harus diberi penghargaan. Diusulkan oleh Kepala BPTP Kaltim, bahwa Gapoktan yang berhasil akan diberi rekomendasi dan diberi kemudahan untuk mendapatkan kredit di Bank Kaltim dalam rangka pengembangan usahanya. Bank Kaltim dan Bank BRI siap mendukung pengembangan PUAP di Kaltim melalui program “Kredit Pangan Sejahtera”. Dana sudah tersedia dan siap digunakan. Diharapkan oleh pihak Bank dan Disperindagkop agar Gapoktan-Gapoktan yang ada bisa bergabung dalam satu wadah Koperasi, untuk mempermudah dalam pembinaan dan penyaluran kredit. Semoga PUP di Kaltim dapat berkembang sesuai yang diharapkan. ***

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com