Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam
LPSE
Portal PPID
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini691
mod_vvisit_counterKemarin1303
mod_vvisit_counterMinggu ini1994
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir11398
mod_vvisit_counterBulan ini29974
mod_vvisit_counterBulan Terakhir39245
mod_vvisit_counterSemua hari1927173

Online (20 menit yang lalu): 43
IP Anda: 44.192.254.246
,
Hari ini: 20 Sep, 2021
Pergiliran Pestisida, Perlukah...? PDF Cetak E-mail
Oleh Rosdina N   
Minggu, 14 Maret 2021 06:24

Mengapa perlu dilakukan pergiliran pestisida? Tujuan pergiliran pestisida adalah untuk menghambat terjadinya resistensi hama dan penyakit terhadap pestisida.  Namun perlu diketahui bahwa pergiliran penggunaan pestisida harus dilakukan berdasarkan pada cara kerja pestisida.


Cara kerja adalah mekanisme kerja pestisida dalam mematikan hama atau penyakit sasaran melalui target pada bagian tubuh OPT.  Karena pestisida dengan bahan aktif yang berbeda dapat pula memiliki cara kerja yang sama.

Contoh golongan organofosfat dan karbamat bekerja menghambat kerja enzim asetilkolinesterase pada sistem saraf dan otot serangga.  Atau pestisida yang berbahan aktif karbofuran dan bahan aktif Bacillus thuringiensis yang cara kerjanya sama sama racun perut.


Jika  telah menggunakan insektisida dari golongan organofosfat harus dihindari dari golongan karbamat.  Hal ini disebabkan serangga yang telah terpapar oleh organofosfat telah membentuk pertahanan, sehingga jika diaplikasi dengan karbamat serangga tersebut tidak akan mati. Yang ada malah pemboroson biaya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com