Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Portal PPID
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini43
mod_vvisit_counterKemarin939
mod_vvisit_counterMinggu ini982
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5863
mod_vvisit_counterBulan ini21912
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28633
mod_vvisit_counterSemua hari1469804

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 54.237.183.249
,
Hari ini: 27 Sep, 2020
BPTP Kaltim Kembangkan Bibit Kelapa Bersertifikat PDF Cetak E-mail
Oleh Ekayujaya dan Rosdina   
Senin, 20 Juli 2020 16:19

Kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang tengah dikembangkan oleh Kementerian Pertanian. Dilansir dari laman Ditjenbun Kementan, saat ini terdapat beberapa kebun sumber benih kelapa yang sudah ditetapkan dan tersebar di 5 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Bali, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur. Sumber benih kelapa genjah ini terdiri dari varietas unggul nasional dan lokal. Varietas unggul kelapa genjah saat ini antara lain Kelapa Genjah Salak, Kelapa Genjah Raja (GRA), Kelapa Genjah Kuning Bali (GKB), Kelapa Genjah Kuning Nias, Kelapa Genjah Pandan Wangi, Kelapa Genjah Coklat Kopyor, Kelapa Genjah Hijau Kopyor & Kelapa Genjah Kuning Kopyor, dan yang terakhir dilepas adalah Kelapa Genjah Entog Kebumen. Selain itu ada kelapa genjah lokal yang terdapat di Bali dan Kalimantan Timur.

Kelapa Genjah Salak merupakan satu dari beberapa varietas andalan yang dikembangkan di Kalimantan Timur, termasuk diantaranya adalah pengembangan yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Kaltim. Kelapa jenis ini memiliki sebaran paling tinggi di daerah Kutai kertanegara kecamatan handil. Kelapa yang ada sekarang ditanam tahun 1983. Namun jika ditelusuri asal usul kelapa yang ada, para petani umumnya sudah tidak mengetahuinya lagi karena petani sekarang sudah merupakan keturunan dari petani yang menanam. Penyebabnya adalah pada tahun 1983 belum ada pencatatan asal usul kelapa di instansi terkait.

Tidak tersedianya bibit kelapa yang bersertifikat dapat menyebabkan permasalahan dalam pengembangan kelapa. Melihat kondisi tersebut, BPTP kaltim telah melakukan produksi benih kelapa unggul baik kelapa dalam maupun kelapa genjah. Varietas kelapa dalam yang dikembangkan oleh BPTP kaltim adalah Varietas Kramat yang didatangkan dari blok penghasil tinggi provinsi Gorontalo dan sudah terdistribusi tahun 2018 di kabupaten Kutai Kertanegara, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan. Sementara itu, kelapa genjah didatangkan dari Balai penelitian kelapa Manado provinsi sulawesi utara dengan varietas Genjah salak. Bibit- bibit ini sudah terdistribusi tahun 2020 di Kabupaten kutai kertanegara, Kutai Timur, Penajam Pasir Utara dan kabupaten Pasir. Dengan adanya pengawasan dari Balai Sertifikasi Tanaman Perkebunan Provinsi Kaltim maka bibit yang dihasilkan oleh BPTP Kaltim merupakan bibit yang berkualitas, karena dari kedatangan sampai proses pembibitan sudah mengikuti SOP produksi bibit yang benar. Dengan adanya bibit unggul yang bersertifikat ini maka petani tidak mempunyai pilihan untuk menggunakan bibit unggul jika ingin mengembangkan tanaman kelapa. Fakta di lapangan sesudah adanya pendistribusian kelapa genjah salak, minat petani untuk menanam kelapa genjah salak cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan adanya permintaan dari petani di kabupaten Pasir (tanah grogot). Antusiasme ini sudah direspon dengan cepat oleh BPTP Kaltim yang segera akan melakukan penyediaan bibit kelapa genjah salak dalam waktu dekat.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com