Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
pustaka
Portal PPID
wbs
Katam
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini584
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4929
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6310
mod_vvisit_counterBulan ini20754
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28633
mod_vvisit_counterSemua hari1468646

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 3.237.71.23
,
Hari ini: 25 Sep, 2020
Guna Percepatan LTT, 4 Poktan di Manunggal Jaya Tanam Perdana. PDF Cetak E-mail
Oleh Rina D   
Jumat, 12 Juni 2020 12:51

Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu sentra produksi padi di Provinsi Kalimantan Timur. Dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten ini, 13 diantaranya merupakan sentra pengembangan tanaman pangan. Salah satunya adalah Kecamatan Tenggarong Seberang.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak, hari ini Jum’at, 12 Juni 2020, petani Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang yang tergabung dalam 4 poktan yaitu Poktan Sidomaju, Poktan Sumber Rejeki, Poktan Rukun Karya, dan Poktan Sumber Rejeki Putra melaksanakan tanam perdana padi kegiatan Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Inovasi (KPI) Padi di Kalimantan Timur, sekaligus sebagai wujud percepatan luas tambah tanam padi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Tanam perdana kegiatan KPI dilaksanakan pada luasan 20 Ha dari 263 Ha luas areal sawah yang ada di Desa Manunggal Jaya dengan varietas Inpari 30.

Hadir pada kegiatan ini Kepala BPTP Kalimantan Timur (Dr. Muhammad Amin) beserta peneliti dan penyuluh BPTP, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur beserta jajarannya, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Kartanegara beserta jajarannya, Camat Tenggarong Seberang beserta jajarannya, Kepala Desa Manunggal Jaya beserta jajarannya, Koordinator BPP Teluk Dalam, CSR, serta penyuluh pertanian dan petani Desa Manunggal Jaya.

Selain penggunaan varietas unggul Inpari 30, inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian yang didiseminasikan oleh BPTP Kalimantan Timur pada kegiatan ini antara lain penerapan jarak tanam jajar legowo (jarwo) 2:1 dan 4:1, pengelolaan air, pengendalian hama terpadu, serta peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari 200 menjadi 300.

Ke depan, dari kegiatan Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Inovasi (KPI) ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan usaha hulu-hilir dalam sistem agribisnis untuk meningkatkan nilai tambah produk, mengembangkan jejaring kerjasama dan kemitraan agribisnis untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya pertanian (link and match), serta menumbuhkembangkan kelembagaan ekonomi masyarakat yang diharapkan akan berimbas positif pada kesejahteraan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com