Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
Suplemen Sinta
pustaka
upg
Portal PPID
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini476
mod_vvisit_counterKemarin990
mod_vvisit_counterMinggu ini1953
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8508
mod_vvisit_counterBulan ini6927
mod_vvisit_counterBulan Terakhir35849
mod_vvisit_counterSemua hari1391962

Online (20 menit yang lalu): 27
IP Anda: 3.236.59.63
,
Hari ini: 10 Jul, 2020
Berdayakan warga sekitar, IP2TP Samboja latih kaum ibu budidaya seledri. PDF Cetak E-mail
Oleh tim redaksi   
Selasa, 21 Januari 2020 19:22

Kebun Percobaan BPTP Balitbangtan Kaltim yang ada di desa Bukit Raya, Kecamatan Samboja telah bermetamorfosis menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP). Upaya tersebut telah dibangun sejak awal 2019, melalui berbagai aktivitas pengkajian dan penelitian, optimalisasi peran Kebun Percobaan di Samboja terus dilakukan, hingga saat ini salah satu kebun percobaan yang dimiliki oleh BPTP Kaltim ini layak menjadi unit percontohan bagi masyarakat sekitar sesuai dengan tupoksi dasar IP2TP.

Sebagai sarana pembelajaran budidaya dan agribisnis, IP2TP Samboja memiliki berbagai bentuk informasi dan paket teknologi budidaya yang bisa dimanfaatkan oleh setiap stakeholder yang berminat tertarik untuk melakukan pembelajaran di bidang pertanian tidak hanya bagi masyarakat sekitar bahkan para akademisi, peserta didik dan praktisi pertanian tercatat sudah beberapa kali berkunjung ke IP2TP Samboja.

Pesona IP2TP sebagai sarana pembelajaran pertanian, tidak hanya dipengaruhi oleh berbagai fasilitas alat mesin pertanian yang melengkapinya, tapi berkembangnya cerita sukses dari kegiatan budidaya beberapa tanaman "populer" yang cukup menjadi daya tarik. Salah satunya budidaya tanaman siledri, banyaknya manfaat tanaman seledri ini merupakan satu diantara yang menyebabkan tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan oleh tim BPTP Balitbangtan Kaltim.

Disamping itu nilai ekonomis tanaman seledri yang tinggi membuat tanaman ini semakin banyak menarik minat masyarakat untuk mempelajari teknik budidayanya. Untuk itu BPTP Balitbangtan Kaltim dalam melaksanakan fungsinya dalam mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian, melakukan kegiatan pelatihan kepada Ibu rumah tangga dan wanita tani terkait teknik budidaya tanaman seledri di perkarangan rumah. Dengan melatih para Ibu Rumah Tangga dan wanita tani, diharapkan efek tetes minyak informasi inovasi bisa efektif mengingat kaum wanita merupakan komunikator yang ulung.

Dengan diikuti oleh 64 kaum wanita yang berdomisili di sekitar IP2TP Samboja, kegiatan ini berlangsung selama 1 hari di IP2TP. selain untuk mendiseminasikan teknik budidaya seledri, tim BPTP yang diwakili oleh Teknisi IP2TP (Dr.Ludy, Emilya, SP., M.Si, dan Rosdina., SP) turut juga memperkenalkan IP2TP sebagai sarana pembelajaran dan terbuka bagi masyarakat yang ingin belajar tentang pertanian.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com