Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini582
mod_vvisit_counterKemarin660
mod_vvisit_counterMinggu ini5053
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6072
mod_vvisit_counterBulan ini13962
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028754

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.227.10.125
,
Hari ini: 17 Agus, 2019
Inventarisasi Kebutuhan Teknologi Pemanfaatan Air di Marangkayu PDF Cetak E-mail
Oleh Dimas   
Selasa, 28 Mei 2019 13:56

Program  Pembangunan  Pertanian  pada  dasarnya  merupakan  rangkaian upaya  untuk  memfasilitasi  tumbuh  dan  berkembangnya  usaha-usaha dibidang  pertanian  yang  mampu  menghasilkan  produk  yang  memiliki  daya saing dan nilai   tambah   yang   tinggi,   sehingga   mampu   meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan masyarakat.

Tujuan pembangunan pertanian adalah :  (1)  meningkatkan  kesejahteraan  petani/masyarakat;  (2)  meningkatnya  pendapatan  wilayah;  (3)  meningkatnya pendapatan  nasional  dan  tercapainya  keseimbangan  perekonomian    baik  di pusat maupun di daerah. Untuk mewujudkan   tujuan   pembangunan   pertanian   tersebut,   sangat diperlukan pengelolaan yang memadai, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi yang hasilnya akan berguna bagi pengambilan kebijakan  bagi  para pimpinan  di Kementerian Pertanian  RI. Guna  mencapai pada  kondisi  tersebut,  maka  perlu  didukung  oleh  data  dan  informasi  yang berkualitas.

Untuk itu BPTP Kalimantan Timur sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian di daerah, melalukan pengumpulan data di wilayah kerjanya, dalam rangka memberikan data yang akurat dan berkualitas. Pengambilan data yang dilakukan kali ini  merupakan data yang terkait sumber daya air di Desa Semangkok dan Desa Santan Ulu di kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Melalui kegiatan Peningkatan IP, tim BPTP menginventarisasi kebutuhan teknologi spesifik lokasi dengan menfaatkan sumber air untuk pertanian terutama pada kebutuhan teknologi pemanenan air yang spesifik lokasi (22/05/2019).

Kali ini Tim BPTP Kaltim didampingi tim UP.Pertanian Kecamatan Marangkayu turun langsung ke lahan yang merupakan lahan tadah hujan sekaligus bertemu dengan petani dan PPL setempat. Dari pertemuan tersebut didapatkan permasalahan utama adalah kemarau panjang yang telah menyebabkan puso selama dua masa tanam terakhir. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka BPTP Kaltim akan merekomendasikan pembuatan Embung di beberapa pada wilayah tersebut.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com