Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini651
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4401
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17723
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085278

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
Muh. Amin Serahkan TDV Lai Sempaja ke Walikota Samarinda. PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Senin, 08 April 2019 19:46

Salah satu cara melindungi  kekayaan sumber daya genetik lokal yang kita miliki adalah dengan mendaftarkannya ke Pusat Perlindungan varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVT) Kementerian Pertanian.

Samarinda memiliki salah satu tanaman yang menurut tim SDG BPTP Balitbangtan Kaltim perlu untuk didaftarkan yaitu Lai Sempaja, dan dengan keluarnya Tanda Daftar Varietas  Tanaman  (TDVT) No : 889/PVL/2018 tertanggal 20 desember 2018 maka Tanaman Lai Sempaja resmi terdaftar  di Pusat Perlindungan varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian  Kementerian Pertanian dan menjadi milik  warga Samarinda.

Surat TDVT tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPTP (Dr. Muh. Amin) di rumah dinas Walikota Samarinda kepada Walikota Samarinda (H. Syaharie Jaang, SH, MSi).

Muh. Amin berharap dengan telah terdaftarnya Lai Sempaja di PPVT Kementan agar bisa dikembangkan dan dibudidayakan oleh masyarakat Samarinda baik untuk komoditas usaha maupun untuk melindungi varietas lai sempaja tersebut.

Sementara Jaang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Kaltim atas kinerja yang telah dihasilkan ini, sehingga secara legal formal Lai Sempaja sudah terlindungi dari sisi  hukum menjadi milik Samarinda.

Pada penyerahan TDVT tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis bibit Mandong kepada   Walikota Samarinda untuk dikembangkan, dan ternyata Walikota Samarinda sekarang ini mempunyai dan sedang semangat berkebun, terutama berkebun buah-buahan sehingga ini menambah semangatnya untuk melanjutkan hobinya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com