Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
pustaka
Portal PPID
upg
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini429
mod_vvisit_counterKemarin980
mod_vvisit_counterMinggu ini6430
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6328
mod_vvisit_counterBulan ini26063
mod_vvisit_counterBulan Terakhir37671
mod_vvisit_counterSemua hari1538057

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 100.24.113.182
,
Hari ini: 28 Nov, 2020
Turiman, Efisiensi dan solusi angkat produktifitas Lahan PDF Cetak E-mail
Oleh Ekayujaya   
Sabtu, 23 Maret 2019 18:27

Tumpangsari tanaman (TURIMAN) merupakan salah satu bentuk pola tanam yang membudidayakan lebih dari satu jenis tanaman dalam satuan waktu tertentu. Tumpangsari ini merupakan suatu upaya dari program intensifikasi pertanian dengan tujuan untuk memperoleh hasil produksi yang optimal, dan menjaga kesuburan tanah. Disamping itu turiman ini dimaksudkan agar kekurangan pangan akibat kegagalan panen dapat dicegah dan serangan hama dan penyakit dapat ditekan. dan banyak penelitian menyimpulkan bahwa bila komposisi tanaman dan jarak tanam ditata dengan tepat maka hasil dari kombinasi tanaman per satuan luas lebih tinggi dari  sistem  monokultur.

Pada dasarnya sistem turiman antar komoditas pangan telah banyak dipraktekan petani, akan tetapi sistem turiman yang dipraktekkan petani pada umumnya memiliki hasil yang rendah karena jarak tanam tidak diatur, kombinasi tanaman tidak tepat dan tidak saling komplementer. Hal  ini  dapat  menjadi  solusi  dan  terobosan dalam pencapaian swasembada pangan. Dengan mempertimbangkan banyaknya  manfaat  dan  keunggulan  dari sistem  turiman ini  dalam meningkatan  pendapatan  petani  dan  pencapaian swasembada pangan, maka untuk gelar teknologi yang akan dilaksanakan pada kegiatan PEDA X KTNA di Kab.Berau, Ka.BPTP Balitbangtan Kaltim merekomendasikan penggunaan sistem turiman dalam budidaya di sektor pertanian dalam kunjungannya saat meninjau lokasi persiapan PEDA (17 s/d 19 Maret 2019).

Mengingat PEDA merupakan ajang untuk sharing ilmu bagi petani dan nelayan, maka tim BPTP Balitbangtan tentunya akan berupaya untuk melakukan pendampingan dalam persiapan pelaksanaan kegiatan PEDA. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan contoh pengaplikasian sistem turiman pada demplot-demplot budidaya pertanian yang ada di lahan gelaran teknologi, disamping itu juga akan dilakukan pemberian bantuan benih VUB.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com