Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Katam
wbs
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini241
mod_vvisit_counterKemarin774
mod_vvisit_counterMinggu ini4765
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini18087
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085642

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 3.85.245.126
,
Hari ini: 18 Okt, 2019
Pemanfaatan Limbah Hasil Panen PDF Cetak E-mail
Oleh Rina D   
Kamis, 21 Februari 2019 09:34

Musim panen telah tiba di Kalimantan Timur, baik itu panen padi, jagung maupun tanaman pangan lainnya. Masa panen seringkali meninggalkan sisa-sisa hasil panen yang terbengkalai begitu saja alias hanya menjadi limbah. Padahal jika dimanfaatkan secara optimal, limbah hasil panen akan mendatangkan manfaat dan keuntungan yang lumayan bagi petani. Apalagi di jaman sekarang ini, sudah sewajarnya bila petani harus lebih kreatif dalam memperluas lapangan usaha taninya, tidak hanya terfokus pada bercocok tanam saja.

Beberapa cara memanfaatkan sisa hasil pertanian agar limbah tidak terbuang sia-sia:

1. Pemanfaatan limbah hasil panen padi

Limbah dari tanaman padi berupa jerami dan dedak dapat dimanfaatkan untuk:

a.  Pakan ternak

Jerami merupakan sumber pakan yang kaya akan serat, sedangkan dedak dapat berfungsi sebagai sumber serat dan energi. Jerami dapat menggantikan 10% hijauan segar, sedangkan apabila dicampur konsentrat dapat menggantikan 30% rumput segar untuk pakan hewan ruminansia. Dedak padi dapat menggantikan 100% konsentrat komersial, terutama bekatul.

b.  Mulsa atau penutup lahan

Penggunaan jerami untuk mulsa dapat membantu mengurangi intensitas serangan hama dan penyakit tanaman.

c.   Bahan baku kompos

Penggunaan pupuk kompos akan membantu mengembalikan unsur hara ke dalam tanah, memperbaiki struktur tanah, mengurangi pemakaian pupuk kimia, menekan biaya produksi, dan menghasilkan tanaman yang lebih aman bagi kesehatan.

d.  Bahan baku pembuatan kertas

e.  Media budidaya jamur

2.  Pemanfaatan limbah hasil panen jagung

Limbah tanaman jagung dapat berupa batang dan daun jagung, klobot (kulit jagung), tumpi (limbah hasil perontokan jagung), dan tongkol. Hijauan jagung (batang dan daun) dapat dibuat silase dengan cara menambahkan urea dengan kadar 0,45% (4,5 kg per 1 ton silase). Penggunaan silase sebagai pakan ternak akan memenuhi kebutuhan protein bagi sapi. Sedangkan tumpi jagung tanpa perlakuan dapat menggantikan konsentrat komersial hingga 75%.

3.  Pemanfaatan limbah hasil panen kedelai

Limbah tanaman kedelai dapat berupa batang, kulit buah, kulit polong, kulit ari, dan kedelai afkir. Limbah tanaman kedelai merupakan pakan yang mempunyai nilai biologis tinggi.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com