Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini641
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4391
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17713
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085268

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
MKRPL Untuk Mendukung Kampung Sejahtera di Krayan Selatan. PDF Cetak E-mail
Oleh Margaretha   
Rabu, 24 Oktober 2018 16:31

Selasa, 23 Okt 2018 , bertempat di balai pertemuan di Desa Long Layu dilaksanakan  Bimtek pendampingan inovasi teknologi pertanian di Desa Long Layu, Kec Krayan Selatan, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara mendukung Program Kampung Sejahtera.

Bimtek dibuka oleh Ka. BPTP Kaltim dan dihadiri oleh Sekretaris camat, Kepala adat, kepala desa Long Layu dan staff, tokoh agama, serta masyarakat setempat.

"Membangun sektor pertanian di wilayah perbatasan, merupakan salah satu nawacita dimana pembangunan tersebut dilakukan bersama - sama dari seluruh pihak baik pemerintah pusat, daerah, ketua adat, tokoh agama dan masyarakat" ujar Dr M. Amin dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa metode pertanian yg  akan dikembangkan di Kerayan Selatan ini menggunakan inovasi teknologi yg sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat sehingga lebih mudah diaplikasikan dan mengguntungkan masyarakat pastinya.

Potensi alam yang sangat luar biasa, pengalaman dari masyarakat dalam bertani dengan sentuhan inovasi teknologi pertanian akan menghasilkan hasil yang melimpah.

Salah satu inovasi yang disampaikan adalah pemanfaatan lahan pekarangan yaitu MKRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari) oleh Nurbani peneliti dari BPTP Kaltim.

"Tujuan dari MKRPPL ini adalah meningkatkan ketrampilan keluarga dan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman sayuran serta tanaman obat keluarga, yang tentunya dengan sentuhan inovasi" jelas Nurbani.

Lewi, kepala adat di Desa Long Layu sangat mengapresiasi kegiatan ini,  cara mengelola dan memanfaatkan  lahan yg di sampaikan sangat sederhana dan optimis masyarakat setempat akan menetapkannya.

Harapannya kedepannya kebutuhan pangan tidak harus didatangkan dari desa lain bahkan dari Malaysia tetapi dapat dihasilkan dari desa ini sendiri, bahkan mampu untuk mensuplai keluar.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com